Selain Mudah, Berikut ini 5 Cara Memaksimalkan Kecerdasan Otak

TAMBAHAN
Cara sederhana meningkatkan kecerdasan – Bukan hanya otot jantung saja yang butuh olahraga, tetapi otak juga memerlukan hal yang serupa seperti badan yang bugar. Jika sering gunakan cara yang benar, Anda akan menjadi pemikir yang lebih terampil dan meningkatkan kemampuan untuk fokus.

Tetapi jika tidak pernah menggunakan otak Anda, atau menyalahgunakannya dengan bahan kimia berbahaya, kemampuan Anda untuk berpikir dan belajar akan memburuk.

Berikut adalah 5 cara sederhana yang dapat dilakukan orang untuk sedikit meningkatkan produktivitas dari materi abu-abu lama.

1. Minimalkan Menonton Televisi - Ini adalah penjualan yang sulit. Orang-orang suka tumbuh-tumbuhan di depan televisi, termasuk saya sendiri lebih sering daripada yang saya inginkan. Masalahnya adalah menonton televisi tidak menggunakan kapasitas mental Anda ATAU membiarkannya mengisi ulang. Ini seperti mengeluarkan energi dari otot tanpa manfaat kesehatan untuk berolahraga.

Tidakkah Anda merasa terkuras setelah beberapa jam menonton TV? Mata Anda sakit dan lelah karena terlalu fokus pada kotak cahaya. Anda bahkan tidak punya energi untuk membaca buku.

Saat Anda merasa santai, cobalah membaca buku sebagai gantinya. Jika Anda terlalu lelah, dengarkan musik. Saat Anda bersama teman atau keluarga, tinggalkan tabung dan berbincanglah. Semua hal ini menggunakan pikiran Anda lebih dari televisi dan memungkinkan Anda untuk bersantai.

2. Olahraga - Dulu saya berpikir bahwa saya akan belajar lebih banyak dengan tidak berolahraga dan menggunakan waktu untuk membaca buku sebagai gantinya. Tetapi saya menyadari bahwa waktu yang dihabiskan untuk berolahraga selalu mengarah pada pembelajaran yang lebih besar karena meningkatkan produktivitas selama waktu sesudahnya. Menggunakan tubuh Anda akan membersihkan kepala Anda dan menciptakan gelombang energi. Setelah itu, Anda merasa segar kembali dan dapat lebih mudah berkonsentrasi.

3. Baca Buku yang Menantang - Banyak orang suka membaca fiksi suspense populer, tetapi umumnya buku-buku ini tidak merangsang secara mental. Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan berpikir dan menulis Anda harus membaca buku yang membuat Anda fokus. Membaca novel klasik dapat mengubah pandangan Anda tentang dunia dan akan membuat Anda berpikir dalam bahasa Inggris yang lebih tepat dan elegan. Jangan takut mencari kata jika Anda tidak mengetahuinya, dan jangan takut pada bagian yang padat. Luangkan waktu Anda, baca kembali bila perlu, dan Anda akan segera terbiasa dengan gaya penulis.

Setelah Anda terbiasa membaca buku-buku yang menantang, saya pikir Anda akan menemukan bahwa Anda tidak tergoda untuk kembali ke pergantian halaman. Tantangan mempelajari ide-ide baru jauh lebih menarik daripada semua ketegangan-thriller norak.

4. Awal Tidur, Awal Naik - Tidak ada yang membuatnya lebih sulit untuk berkonsentrasi daripada kurang tidur. Anda akan lebih segar jika tidur lebih awal dan tidak tidur lebih dari 8 jam. Jika Anda begadang dan menggantinya dengan tidur larut, Anda akan terbangun lesu dan sulit fokus. Menurut pengalaman saya, jam-jam pagi adalah yang paling tenang dan produktif. Bangun lebih awal memberi Anda lebih banyak jam produktif dan memaksimalkan ketajaman mental Anda sepanjang hari.

Jika Anda memiliki kesempatan, ambillah waktu tidur 10-20 menit saat Anda terkena gelombang kantuk. Apa pun yang lebih lama akan membuat Anda lesu, tetapi tidur siang singkat akan menyegarkan Anda.

5. Luangkan Waktu untuk Merenung - Seringkali hidup kita begitu sibuk sehingga kita menjadi kewalahan bahkan tanpa menyadarinya. Menjadi sulit berkonsentrasi karena pikiran-pikiran yang mengganggu terus mengganggu. Menghabiskan waktu sendirian dalam refleksi memberi kesempatan mengatur pikiran dan memprioritaskan tanggung jawab Anda.

Setelah itu, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang penting dan apa yang tidak. Hal-hal yang tidak penting tidak akan mengganggu Anda lagi dan pikiran Anda akan merasa kurang terbebani.

Semoga Anda tidak kecewa karena tidak ada teknik yang saya usulkan yang revolusioner. Tetapi jawaban yang sederhana dan tidak menyenangkan seringkali merupakan jawaban yang paling valid. Tantangannya adalah memiliki kemauan untuk mematuhi mereka. Jika berhasil mengikuti 5 tips ini, Anda akan dihargai dengan ketajaman mental yang meningkat dan retensi pengetahuan.